Thursday, January 28, 2016

Sejarah Desa Adat: Desa-desa Adat yang Pantas untuk Dikunjungi (1)

Desa Adat diakui di Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Tentang definisi Desa Adat sudah saya bahas di Definienda

Berikut adalah contoh Desa Adat yang ada di Indonesia yang patut Anda kunjungi sebagai tujuan wisata:

1. Desa Wae Rebo 
Wae Rebo
Desa Wae Rebo adalah Desa Adat dengan keindahan panorama yang eksotik. Jika Anda berkunjung ke sana, keindahannya mampu mengusir kejenuhan dari rutinitas. Desa Adat Wae Rebo pernah mendapatkan Anugerah Award of Excellence dari UNESCO. Wae Rebo terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

2. Desa Kampung Saga
Viva.co.id
Desa ini terletak di Kecamatan Roa, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Kampung Saga merupakan kampung yang masih memegang teguh adat. Sebagai laksana dara cantik yang memiliki pemandangan alam nan indah, seni, budaya dan adat istiadat yang masih asli. Unsur-unsur tersebut membentuk harmoni yang menarik.

3. Kampung Sindangbarang

Kampung ini terletak di desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Jawa Barat. Berjarak hanya 5 km kota Bogor. Merupakan Kampung Tertua untuk Wilayah kota dan kab Bogor, berdasarkan sumber naskah Pantun Bogor dan Babad Pajajaran. Kalau menurut Pantun Bogor diperkirakan Sindangbarang sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda lebih kurang abad ke XII.Disinilah dahulu terdapat suatu Kerajaan Bawahan yang bernama Sindangbarang dengan Ibukotanya Kutabarang. Disinilah menurut cerita rakyat digemblengnya para satria-satria kerajaan. Disini pula kebudayaan Sunda Bogor bermula dan bertahan hingga kini dalam wujud Upacara Adat Seren Taun.
Kampung Sindangbarang (kp-sindangbarang.com)
Di Kampung budaya Sindangbarang terdapat 8 macam kesenian Sunda yang telah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya. Disini terdapat pula situs-situs purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran berupa Bukit-bukit berundak.Di Sindangbarang setiap satu tahun sekali diselenggarkan upacara adat Seren Taun yaitu upacara ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil Panen dan hasil bumi yang diperoleh pada tahun ini dan berharap hasil panen tahun depan akan lebih baik lagi.

Sejarah Desa Adat lainnya dapat Anda buka di laman:
Load disqus comments

0 comments